Uji Kompetensi Guru
(UKG) bertujuan :
1.
Meningkatkan
mutu/kualitas guru setelah sertifikasi
2.
Membangun
kesadaran guru agar selalu meningkatkan kompetensi diri
Gelombang II ( Tahap 2 )
A. Waktu Pelaksanaan : Oktober - November 2012
B. Peserta
1. Kepala Sekolah ( UKKS )
2. Pengawas Sekolah ( UKPS )
3. Guru yang terkendala teknis sehingga belum bisa mengikuti UKG Online Tahap I
A. Waktu Pelaksanaan : Oktober - November 2012
B. Peserta
1. Kepala Sekolah ( UKKS )
2. Pengawas Sekolah ( UKPS )
3. Guru yang terkendala teknis sehingga belum bisa mengikuti UKG Online Tahap I
Untuk kepastiannya kita menunggu informasi lebih lanjut dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing terkait dengan jadwal pelaksanaan UKG Online Gelombang II
1. Mengunduh Interface UKG Online klik Download
2. Mengunduh Kisi-kisi UKKS (Kepala Sekolah) klik Download-KS
3. Mengunduh Kisi-kisi UKPS (Pengawas Sekolah) klik Download-PS
4. Mengunduh Kisi-kisi UKG Online Guru Kelas SD klik Download
5. Mengunduh Pendalam Materi Guru untuk Persiapan UKG klik Download
6. Untuk latihan menjalankan Software UKG Online klik Versi Latihan UKG Online
Berikut ini saya berikan contoh soal-soal "Kompetensi Pedagogik"
sebagi tambahan wawasan bagi kita, Peringatan : Jangan pernah berfikir apakah soal-soal ini akan keluar dalam UKG Online apa tidak, yang terpenting adalah untuk menambah wawasan bagi kita semua. (Gudi Wiyono)
1.
Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik
perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek fisik, kecuali ....
a. menunjukkan
variasi yang besar pada tinggi dan berat badan
b. memiliki
keterampilan fisik untuk memainkan permainan
c. penambahan-penambahan
dalam kemampuan motorik halus
d. memiliki kemampuan dalam
mengangkat beban yang berat
2.
Kreativitas merupakan salah satu karakteristik
perkembangan intelektual siswa SD, yang artinya kemampuan untuk ….
a. memecahkan
masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang sering dilakukan dan
menghasilkan kepuasan kepada dirinya sendiri dan orang lain
b. penalaran yang
menggunakan logika-logika yang dapat diterima oleh semua orang dan menghasilkan
penyelesaian persoalan untuk mengambil keputusan
c. berfikir tentang sesuatu dengan
suatu cara yang baru dan tidak biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan
d. mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam
rangka penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang
maupun masa yang akan datang
3.
Pernyataan di bawah ini yang merupakan
karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek sosial
adalah ....
a. mulai menyukai teman sebaya
sesama jenis
b. berperan serta
dalam permainan logika
c. menyukai teman
sebaya lawan jenis
d. dapat bekerja
dalam durasi waktu yang lama
4.
Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik
perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek emosional, kecuali ....
a. kesulitan memulai
sesuatu, tetapi jika berhasil akan bertahan sampai akhir
b. menampakkan marah
apabila mengalami kesulitan di sekolah
c. mulai muncul perasaan simpati
kepada orang yang lebih dewasa
d. memiliki rasa
humor yang diekspresikan dalam lelucon praktis
5.
Perkembangan perilaku moral dan perkembangan
konsep moral merupakan fase-fase perkembangan moral yang harus dicapai seorang anak.
Pada fase perkembangan perilaku moral, seorang anak belajar melalui cara-cara
berikut, kecuali ….
a. coba-ralat (trial
and error)
b. pendidikan
langsung,
c. identifikasi
d. observasi
6.
Pada anak usia sekolah dasar sering disebut
‘usia berkelompok’.
Pernyataan
tersebut menunjukkan karakteristik perkembangan anak dalam aspek ….
a. sosial
b. moral
c. intelektual
d. emosional
7.
Pada mata pelajaran PKn, salah satu minat siswa
usia sekolah dasar yang dapat teridentifikasi dalam proses pembelajaran adalah
minat terhadap ….
a. masalah sosial
b. bidang olahraga
c. tubuh manusia
d. kesehatan manusia
8.
Dalam proses pembelajaraan Matematika,
khususnya ketika guru mengaitkan materi pelajaran dengan kebutuhan hidup
sehari-hari maka guru telah berupaya agar pembelajaran memungkinkan bagi guru untuk
mengidentifikasi minat siswa terhadap ….
a. kesehatan
b. status
c. penampilan
d. pekerjaan
9.
Ketika dalam pembelajaran Bahasa Indonesia,
ketika ada siswa yang sangat antusias memerankan tokoh dongeng atau cerita
rakyat yang disukai berarti guru telah menyajikan bahan pelajaran dengan
menarik, dengan demikian guru dapat mengindentifikasi minat siswa terhadap ….
a. penampilan
b. pekerjaan
c. sekolah
d. status
10. Dalam proses pembelajaran tentang
kompetensi dasar: ‘mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan,
air, pakaian, udara, lingkungan sehat)’, guru tampak dapat mengidentifikasi
siswa yang selalu bertanya dan mampu membuat laporan tentang apa saja yang
diminatinya dengan sangat baik.
Berdasarkan
uraian di atas, dapat dikatakan bahwa guru dapat mengidentifikasi minat siswa terhadap
…
a. seks
b. penampilan
c. kesehatan
d. pekerjaan
11. Minat siswa yang dapat teridentifikasi melalui mata
pelajaran IPS adalah ‘minat terhadap lambang status’. Salah satunya adalah ….
a. nama-nama
keluarga
b. penampilan diri
c. ikatan
kekerabatan
d. jenis pekerjaan orang tua
12. Dalam proses pembelajaran PKn, guru kelas I SD mengajarkan
tentang kompetensi dasar: ‘Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat’, maka
kompetensi prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah ….
a. mengenal
pentingnya tata tertib di mayarakat
b. melaksanakan
hidup rukun di masyarakat
c. mengenal
lingkungan rumah dan sekolah
d. mengikuti tata tertib di rumah
dan sekolah
13. Untuk membelajarkan kompetensi dasar:’Perkalian bilangan’, kemampuan
awal/ prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
a. membagi
b. menjumlah
c. mengurang
d. menghitung
14. Untuk membelajarkan kompetensi dasar: ‘mendeskripsikan
benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka
kemampuan awal/ prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
a. membuat karangan
deskriptif
b. melengkapi
kalimat belum selesai
c. menyusun kalimat sederhana
d. membaca kalimat
sederhana
15. Kemampuan awal/prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari
kompetensi dasar: ‘Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi negara
tetangga’, adalah ….
a. mendeskripsikan
gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia
b. mendeskripsikan
gejala/peristiwa alam yang terjadi di Eropa
c. mendeskripsikan gejala/peristiwa
alam yang terjadi di Asia
d. mendeskripsikan
gejala/peristiwa alam yang terjadi di Afrika
16. Pemahaman simbol merupakan salah satu kesulitan belajar
yang sering muncul pada siswa. Hal tersebut dapat teridentifikasi melalui pengerjaan
soal ….
a. 4 + 3 = …..
b. 9 - 6 = …..
c. 8 - … = ….
d. 5 + 4 = ….
17. Berikut ini karakteristik anak berkesulitan belajar Matematika
yang sering dialami siswa usia sekolah dasar, kecuali ….
a. adanya gangguan
hubungan keruangan
b. kesulitan dalam
bahasa dan membaca
c. gangguan mengenal
dan memahami simbol
d. performance IQ lebih tinggi dari
skor Verbal IQ
18. Perhatikan soal-soal di bawah ini.
75 68
27 13
_____
_ _____ +
58 71
Jawaban
soal di atas menunjukkan salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan oleh
anak usia SD yang berkesulitan belajar Matematika dalam hal ….
a. proses
penghitungan
b. memahami simbol
c. nilai tempat
d. bahasa dan membaca
19. Berikut ini kesulitan yang dimungkinkan muncul pada siswa
SD disebabkan adanya kerusakan-kerusakan pada organ wicara, kecuali ….
a. suara
b. kosakata
c. artikulasi
d. kelancaran
20. Salah satu contoh kesulitan belajar bahasa yang termasuk
dalam kekurangan kemampuan kognitif adalah ….
a. menangkap makna secara penuh
b. mengingat kembali
kata-kata
c. membandingkan
informasi yang diterima
d. merumuskan
alternatif pemecahan masalah
Dimensi kompetensi yang diukur :
Dimensi kompetensi yang diukur :
Kompetensi Pedagogik
Kompetensi pedagogik yaitu kemampuan yang harus dimiliki guru
berkenaan dengan karakteristik peserta didik dilihat dari berbagai aspek
seperti fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Hal
tersebut berimplikasi bahwa seorang guru harus mampu menguasai teori belajar
dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik karena peserta didik memiliki
karakter, sifat, dan interes yang berbeda. Berkenaan dengan pelaksanaan
kurikulum, seorang guru harus mampu mengembangkan kurikulum di tingkat satuan
pendidikan masing-masing dan disesuaikan dengan kebutuhan lokal.
Guru harus mampu mengoptimalkan potensi peserta didik untuk
mengaktualisasikan kemampuannya di kelas, dan harus mampu melakukan penilaian
terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Kemampuan yang harus
dimiliki guru berkenaan dengan aspek-aspek yang diamati, yaitu:
a. Penguasaan terhadap
karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional
dan intelektual.
b. Penguasaan terhadap teori
belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
c. Mampu mengembangkan
kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu.
d. Menyelenggarakan kegiatan
pengembangan yang mendidik.
e. Memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan
pengembangan yang mendidik.
f. Memfasilitasi
pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi
yang dimiliki.
g. Berkomunikasi secara
efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
h. Melakukan penilaian dan
evaluasi proses dan hasil belajar, memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi
untuk kepentingan pembelajaran.
i. Melakukan tindakan
reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
Kompetensi
Profesional
Kompetensi
profesional yaitu kemampuan yang harus dimiliki guru dalam perencanaan dan pelaksanaan
proses pembelajaran. Guru mempunyai tugas untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta
didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk itu guru dituntut mampu menyampaikan
bahan pelajaran. Guru harus selalu meng-update, dan menguasai materi pelajaran
yang disajikan. Persiapan diri tentang materi diusahakan dengan jalan mencari informasi
melalui berbagai sumber seperti membaca buku-buku terbaru, mengakses dari internet,
selalu mengikuti perkembangan dan kemajuan terakhir tentang materi yang
disajikan.
Dalam menyampaikan pembelajaran, guru mempunyai peranan dan tugas
sebagai sumber materi yang tidak pernah kering dalam mengelola proses
pembelajaran. Kegiatan mengajarnya harus disambut oleh peserta didik sebagai
suatu seni pengelolaan proses pembelajaran yang diperoleh melalui latihan,
pengalaman, dan kemauan belajar yang tidak pernah putus.
Keaktifan peserta didik harus selalu diciptakan dan berjalan terus
dengan menggunakan metode dan strategi mengajar yang tepat. Guru menciptakan
suasana yang dapat menemukan fakta dan konsep
yang benar. Karena itu guru harus melakukan kegiatan pembelajaran menggunakan multimedia,
sehingga terjadi suasana belajar sambil bekerja, belajar sambil mendengar, dan belajar
sambil bermain, sesuai kontek materinya.
Guru harus memperhatikan prinsip-prinsip didaktik metodik sebagai
ilmu keguruan. Misalnya, bagaimana menerapkan prinsip apersepsi, perhatian,
kerja kelompok, dan prinsip-prinsip lainnya. Dalam hal evaluasi, secara teori
dan praktik, guru harus dapat melaksanakan sesuai dengan tujuan yang ingin
diukurnya. Jenis tes yang digunakan untuk mengukur hasil belajar harus benar
dan tepat. Diharapkan pula guru dapat menyusun butir soal secara benar, agar
tes yang digunakan dapat memotivasi pesertadidik belajar.
Kemampuan yang harus dimiliki pada dimensi kompetensi profesional
atau akademik dapat diamati dari aspek-aspek berikut ini.
a. Menguasai materi,
struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
diampu.
b. Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata
pelajaran / bidang pengembangan yang diampu.
c. Mengembangkan materi
pelajaran yang diampu secara kreatif.
d. Mengembangkan keprofesian
secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
e. Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.
Benar benar membantu pak. Semoga berkah ilmunya.
BalasHapusMohon doanya semoga Yang Maha Kuasa memberi yg terbaik untuk saya dan keluarga atas tes cpns ini. Terima kasih banyak atas materi dan latihan di atas nggeh...
BalasHapusMohon doanya semoga Yang Maha Kuasa memberi yg terbaik untuk saya dan keluarga atas tes cpns ini. Terima kasih banyak atas materi dan latihan di atas nggeh...
BalasHapusInsaallah bapak dalam lindungan allah selalu dalam menjalan tugas.
BalasHapus