Laman

Alunan Musik

Rabu, 04 Juli 2012

UKG Online 2012

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar uji ulang bagi guru yang sudah bersertifikat atau lulus sertifikasi. Selain untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan guru setelah sertifikasi, adanya uji ulang ini juga untuk membangun kesadaran guru agar selalu meningkatkan diri.
Uji Kompetensi Guru (UKG) bertujuan :
1.   Meningkatkan mutu/kualitas guru setelah sertifikasi
2.   Membangun kesadaran guru agar selalu meningkatkan kompetensi diri
Gelombang II ( Tahap 2 )
A. Waktu Pelaksanaan : Oktober - November 2012
B. Peserta
    1. Kepala Sekolah ( UKKS )
    2. Pengawas Sekolah ( UKPS )
    3. Guru yang terkendala teknis sehingga belum bisa mengikuti UKG Online Tahap I

Untuk kepastiannya kita menunggu informasi lebih lanjut dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing terkait dengan jadwal pelaksanaan UKG Online Gelombang II

1. Mengunduh Interface UKG Online klik  Download
2. Mengunduh Kisi-kisi UKKS (Kepala Sekolah) klik  Download-KS
3. Mengunduh Kisi-kisi UKPS (Pengawas Sekolah) klik  Download-PS
4. Mengunduh Kisi-kisi UKG Online Guru Kelas SD klik  Download
5. Mengunduh Pendalam Materi Guru untuk Persiapan UKG klik  Download
6. Untuk latihan menjalankan Software UKG Online  klik  Versi Latihan UKG Online


Berikut ini saya berikan contoh soal-soal "Kompetensi Pedagogik"
sebagi tambahan wawasan bagi kita, Peringatan : Jangan pernah berfikir apakah soal-soal ini akan keluar dalam UKG Online apa tidak, yang terpenting adalah untuk menambah wawasan bagi kita semua. (Gudi Wiyono)

 
1.          Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek fisik, kecuali ....
a.   menunjukkan variasi yang besar pada tinggi dan berat badan
b.   memiliki keterampilan fisik untuk memainkan permainan
c.   penambahan-penambahan dalam kemampuan motorik halus
d.  memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat
2.          Kreativitas merupakan salah satu karakteristik perkembangan intelektual siswa SD, yang artinya kemampuan untuk ….
a.   memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya sendiri dan orang lain
b.   penalaran yang menggunakan logika-logika yang dapat diterima oleh semua orang dan menghasilkan penyelesaian persoalan untuk mengambil keputusan
c.   berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan
d.  mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam rangka penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang maupun masa yang akan datang
3.          Pernyataan di bawah ini yang merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek sosial adalah ....
a.   mulai menyukai teman sebaya sesama jenis
b.   berperan serta dalam permainan logika
c.   menyukai teman sebaya lawan jenis
d.   dapat bekerja dalam durasi waktu yang lama
4.          Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek emosional, kecuali ....
a.   kesulitan memulai sesuatu, tetapi jika berhasil akan bertahan sampai akhir
b.   menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah
c.   mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa
d.   memiliki rasa humor yang diekspresikan dalam lelucon praktis
5.          Perkembangan perilaku moral dan perkembangan konsep moral merupakan fase-fase perkembangan moral yang harus dicapai seorang anak. Pada fase perkembangan perilaku moral, seorang anak belajar melalui cara-cara berikut, kecuali ….
a.   coba-ralat (trial and error)
b.   pendidikan langsung,
c.   identifikasi
d.   observasi
6.          Pada anak usia sekolah dasar sering disebut ‘usia berkelompok’.
Pernyataan tersebut menunjukkan karakteristik perkembangan anak dalam aspek ….
a.   sosial
b.   moral
c.   intelektual
d.  emosional
7.          Pada mata pelajaran PKn, salah satu minat siswa usia sekolah dasar yang dapat teridentifikasi dalam proses pembelajaran adalah minat terhadap ….
a.   masalah sosial
b.   bidang olahraga
c.   tubuh manusia
d.  kesehatan manusia
8.          Dalam proses pembelajaraan Matematika, khususnya ketika guru mengaitkan materi pelajaran dengan kebutuhan hidup sehari-hari maka guru telah berupaya agar pembelajaran memungkinkan bagi guru untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap ….
a.   kesehatan
b.   status
c.   penampilan
d.  pekerjaan
9.          Ketika dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, ketika ada siswa yang sangat antusias memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai berarti guru telah menyajikan bahan pelajaran dengan menarik, dengan demikian guru dapat mengindentifikasi minat siswa terhadap ….
a.   penampilan
b.   pekerjaan
c.   sekolah
d.  status
10.       Dalam   proses   pembelajaran   tentang   kompetensi   dasar: ‘mengidentifikasi  kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)’, guru tampak dapat mengidentifikasi siswa yang selalu bertanya dan mampu membuat laporan tentang apa saja yang diminatinya dengan sangat baik.
Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa guru dapat mengidentifikasi minat siswa terhadap …
a.   seks
b.   penampilan
c.   kesehatan
d.  pekerjaan
11.       Minat siswa yang dapat teridentifikasi melalui mata pelajaran IPS adalah ‘minat terhadap lambang status’. Salah satunya adalah ….
a.   nama-nama keluarga
b.   penampilan diri
c.   ikatan kekerabatan
d.  jenis pekerjaan orang tua
12.       Dalam proses pembelajaran PKn, guru kelas I SD mengajarkan tentang kompetensi dasar: ‘Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat’, maka kompetensi prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah ….
a.   mengenal pentingnya tata tertib di mayarakat
b.   melaksanakan hidup rukun di masyarakat
c.   mengenal lingkungan rumah dan sekolah
d.  mengikuti tata tertib di rumah dan sekolah
13.       Untuk membelajarkan kompetensi dasar:’Perkalian bilangan’, kemampuan awal/ prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
a.   membagi
b.   menjumlah
c.   mengurang
d.  menghitung
14.       Untuk membelajarkan kompetensi dasar: ‘mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka kemampuan awal/ prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
a.   membuat karangan deskriptif
b.   melengkapi kalimat belum selesai
c.   menyusun kalimat sederhana
d.  membaca kalimat sederhana
15.       Kemampuan awal/prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari kompetensi dasar: ‘Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi negara tetangga’, adalah ….
a.   mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia
b.   mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Eropa
c.   mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Asia
d.  mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Afrika
16.       Pemahaman simbol merupakan salah satu kesulitan belajar yang sering muncul pada siswa. Hal tersebut dapat teridentifikasi melalui pengerjaan soal ….
a.   4 + 3 = …..
b.   9 - 6 = …..
c.   8 - … = ….
d.  5 + 4 = ….
17.       Berikut ini karakteristik anak berkesulitan belajar Matematika yang sering dialami siswa usia sekolah dasar, kecuali ….
a.   adanya gangguan hubungan keruangan
b.   kesulitan dalam bahasa dan membaca
c.   gangguan mengenal dan memahami simbol
d.  performance IQ lebih tinggi dari skor Verbal IQ
18.       Perhatikan soal-soal di bawah ini.
75         68
27         13
_____ _    _____ +
58         71
Jawaban soal di atas menunjukkan salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan oleh anak usia SD yang berkesulitan belajar Matematika dalam hal ….
a.   proses penghitungan
b.   memahami simbol
c.   nilai tempat
d.  bahasa dan membaca
19.       Berikut ini kesulitan yang dimungkinkan muncul pada siswa SD disebabkan adanya kerusakan-kerusakan pada organ wicara, kecuali ….
a.   suara
b.   kosakata
c.   artikulasi
d.  kelancaran
20.       Salah satu contoh kesulitan belajar bahasa yang termasuk dalam kekurangan kemampuan kognitif adalah ….
a.   menangkap makna secara penuh
b.   mengingat kembali kata-kata
c.   membandingkan informasi yang diterima
d.  merumuskan alternatif pemecahan masalah


Dimensi kompetensi yang diukur :


Kompetensi Pedagogik
Kompetensi pedagogik yaitu kemampuan yang harus dimiliki guru berkenaan dengan karakteristik peserta didik dilihat dari berbagai aspek seperti fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Hal tersebut berimplikasi bahwa seorang guru harus mampu menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik karena peserta didik memiliki karakter, sifat, dan interes yang berbeda. Berkenaan dengan pelaksanaan kurikulum, seorang guru harus mampu mengembangkan kurikulum di tingkat satuan pendidikan masing-masing dan disesuaikan dengan kebutuhan lokal.
Guru harus mampu mengoptimalkan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuannya di kelas, dan harus mampu melakukan penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Kemampuan yang harus dimiliki guru berkenaan dengan aspek-aspek yang diamati, yaitu:
a.  Penguasaan terhadap karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional dan intelektual.
b.  Penguasaan terhadap teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
c.  Mampu mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu.
d.  Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik.
e.  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik.
f.   Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
g.  Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
h.  Melakukan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
i.   Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.


Kompetensi Profesional
Kompetensi profesional yaitu kemampuan yang harus dimiliki guru dalam perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran. Guru mempunyai tugas untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk itu guru dituntut mampu menyampaikan bahan pelajaran. Guru harus selalu meng-update, dan menguasai materi pelajaran yang disajikan. Persiapan diri tentang materi diusahakan dengan jalan mencari informasi melalui berbagai sumber seperti membaca buku-buku terbaru, mengakses dari internet, selalu mengikuti perkembangan dan kemajuan terakhir tentang materi yang disajikan.
Dalam menyampaikan pembelajaran, guru mempunyai peranan dan tugas sebagai sumber materi yang tidak pernah kering dalam mengelola proses pembelajaran. Kegiatan mengajarnya harus disambut oleh peserta didik sebagai suatu seni pengelolaan proses pembelajaran yang diperoleh melalui latihan, pengalaman, dan kemauan belajar yang tidak pernah putus.
Keaktifan peserta didik harus selalu diciptakan dan berjalan terus dengan menggunakan metode dan strategi mengajar yang tepat. Guru menciptakan suasana yang dapat  menemukan fakta dan konsep yang benar. Karena itu guru harus melakukan kegiatan pembelajaran menggunakan multimedia, sehingga terjadi suasana belajar sambil bekerja, belajar sambil mendengar, dan belajar sambil bermain, sesuai kontek materinya.
Guru harus memperhatikan prinsip-prinsip didaktik metodik sebagai ilmu keguruan. Misalnya, bagaimana menerapkan prinsip apersepsi, perhatian, kerja kelompok, dan prinsip-prinsip lainnya. Dalam hal evaluasi, secara teori dan praktik, guru harus dapat melaksanakan sesuai dengan tujuan yang ingin diukurnya. Jenis tes yang digunakan untuk mengukur hasil belajar harus benar dan tepat. Diharapkan pula guru dapat menyusun butir soal secara benar, agar tes yang digunakan dapat memotivasi pesertadidik belajar.

Kemampuan yang harus dimiliki pada dimensi kompetensi profesional atau akademik dapat diamati dari aspek-aspek berikut ini.

a.  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
b.  Menguasai standar  kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran / bidang pengembangan yang diampu.
c.  Mengembangkan materi pelajaran yang diampu secara kreatif.
d.  Mengembangkan keprofesian secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
e.  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.

4 komentar:

  1. Benar benar membantu pak. Semoga berkah ilmunya.

    BalasHapus
  2. Mohon doanya semoga Yang Maha Kuasa memberi yg terbaik untuk saya dan keluarga atas tes cpns ini. Terima kasih banyak atas materi dan latihan di atas nggeh...

    BalasHapus
  3. Mohon doanya semoga Yang Maha Kuasa memberi yg terbaik untuk saya dan keluarga atas tes cpns ini. Terima kasih banyak atas materi dan latihan di atas nggeh...

    BalasHapus
  4. Insaallah bapak dalam lindungan allah selalu dalam menjalan tugas.

    BalasHapus